Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah

KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH LAKSANAKAN BINTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BERBASIS IT

 

Untuk menseragamkan perpustakaan sekolah berbasis teknologi Informasi, Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah menghadirkan pustakawan untuk melatih pengelola perpustakaan di tingkat sekolah. Hal ini perlu dilakukan karena dari ribuan sekolah negeri maupun swasta yang ada di Bumi Tegar beriman, hanya sedikit yang sudah berbasis IT. Karena kegiatan bimbingan teknik perpustakaan berbasis IT ini kami adakan dengan rincian 20 dari Sekolah Dasar (SD), 40 dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), 20 dari Sekolah Menengah Atas (SMA)" Ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah M. Rizal Hidayat, kamis (25/8)

Kepala KAPD mengungkapkan kelebihan perpustakaan berbasis IT adalah kemudahan dalam mencari literatur atau koleksi buku dan memudahkan pengelolaan perpustakaan.

Selain perpustakaan berbasis IT, kami juga mendorong agar koleksi buku - buku tidak hanya fisik, tetapi juga berbentuk digital. Agar perpustakaan sekolah digemari para pelajar dan menghilangkan ketergantungan pelajar terhadap internet, Ade Muhammad Sya'ban selaku pustakawan meminta pihak sekolah tidak hanya menyediakan buku paket tetapi juga buku nonpaket yang disukai para pelajar.

Selain itu Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah juga mendukung program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu gerakan literasi sekolah atau mewajibkan siswa membaca buku sebelum jam pelajaran dimulai.





Kalender Kegiatan

MEI
04
SOSIALISASI PENGELOLAAN ARSIP BAGI BUMD, ORGANISASI DAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Untuk Meningkatkan Kompetensi Pengelola Arsip, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah…
Lokasi : HOTEL OLIMPIC SENTUL

APR
10
LOMBA MEWARNAI DAN MENDOGENG TINGKAT SD / MI SEKABUPATEN BOGOR

Lokasi : Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor Jl. Bersih

2017 © Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah